Senin, 02 April 2012

Ikan Cupang Secara Umum

Ikan cupang merupakan salah satu jenis ikan yang pernah sangat populer di masyarakat. Sampai sekarangpun masih banyak dikalangan masyarakat yang menggemari ikan ini. Ikan cupang yang dalam bahasa latinnya dikenal dengan sebutan "Betta Splendens" terkenal dengan keindahan bentuk dan warna tubuhnya. Disamping itu ikan ini terkenal dengan kebiasaan mereka untuk menunjukkan kehebatan mereka dalam berkelahi. Oleh karena itu ada sebagian masyarakat yang menyebut ikan cupang ini dengan sebutan ikan laga atau ikan adu. Karena itu, secara umum ikan cupang terbagi dalam 3 jenis/golongan, yaitu:
1. Ikan cupang hias
2. Ikan cupang aduan
3. Ikan cupang liar/alam
Untuk jenis ikan cupang hias sendiri secara umum banyak ragamnya bila dilihat dari bentuk tubuh ikan tersebut, seperti :
- jenis crown-tail













- jenis halfmoon












- jenis plakat











- jenis double-tail.














Untuk ikan cupang aduan sendiri merupakan jenis ikan cupang yang mempunyai kelebihan dalam bertarung/berkelahi. Ikan jenis ini terkadang sering disalah gunakan mereka yang hobby taruhan untuk diadu. Karenanya, bila ikan jenis ini memiliki kemampuan yang mumpuni harganya cukup tinggi.
 
  Ikan Cupang Aduan

   Ikan Cupang Aduan

Sedangkan untuk jenis ikan cupang liar, merupakan jenis ikan cupang yang habitatnya dialam liar. Salah satunya jenis ikan cupang sawah, karena habitat hidupnya sering ditemui diareal persawahan. Kemungkinan besar, ikan cupang liar ini merupakan nenek moyang dari jenis ikan cupang hias atau aduan.

   Ikan cupang liar/alam

   Ikan cupang liar/alam


 Secara umum ikan cupang merupakan jenis ikan yang cukup digemari dan mendapat tempat yang cukup baik dikalangan para penggemar ikan pada umumnya dan penggenar ikan hias pada khususnya. Ikan ini sepertinya tidak mengenal musim karena bagi penggemarnya tidak mudah untuk melupakan keindahan ikan jenis ini sehingga seiring dengan berjalannya waktu keberadaan ikan jenis inipun tetap eksis.

1 komentar: