Rabu, 25 April 2012

Asal Mula Ikan Cupang Hias dan Ikan Cupang Aduan



   Bila ikan cupang adu dikenal dengan kegarangan yang dimilikinya, ikan cupang hias terkenal dengan keindahan serta keanggunannya. Itu tidak terlepas dari peran ikan cupang alam (Wild Betta) atau ikan cupang spesies sebagai cikal bakalnya. Ikan cupang yang dikenal saat ini adalah hasil persilangan  (splended) antar spesies ikan cupang alam yang dilakukan sejak tahun 60-an. Itulah mengapa hasil persilangan ini disebut Betta Splendends.




Beberapa spesies ikan cupang alam yang merupakan cikal bakal ikan cupang aduan antara lain Betta imbillis, Betta smaragdina, Betta coccina, dan Betta bellica. Sementara ikan cupang alam yang memiliki warna dan bentuk tubuh yang indah adalah Betta fasciata. Spesies ikan-ikan cupang tersebut berkembang biak dengan cara mengumpulkan sarang busa (bubble nest breed).
Selain ikan cupang alam spesies tersebut, ada juga ikan cupang alam yang berwarna cemerlang yang dianggap sebagai ikan cupang hias, yaitu Betta macrostoma, macropodus opercullaris, macropodus concolor, dan Belotia hasselti. Cara berkembang biak ikan-ikan cupang tersebut adalah egg slayer atau mouth brooder (perawat telur). Ikan cupang alam ini tidak dapat disilangkan dengan ikan cupang bubble nest breed. Ikan cupang lain yang merupakan tipe ikan cupang adu yang berkembang biak dengan cara egg layer adalah Betta unimacullata, Betta foerschi, Betta pugnax, dan Betta anabamthoides.
   Ikan cupang alam hidup di daerah tropis wilayah Asia tenggara seperti Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, dan Indonesia. Airnya berkadar kisaran pH 6,5 - 7, kesadahannya 8 - 10 HD, dan suhu 23 - 30 derajat celsius. Untuk lebih jelasnya dapat anda baca uraian secara singkat mengenai jenis-jenis ikan cupang tersebut berdasarkan kelompok ikan cupang hias dan ikan cupang adu.

(Sumber : buku Atlas Cupang Hias dan Cupang Adu,Bambang Eka P dan Farry B. Paimin . Gambar : search Google)

0 komentar:

Poskan Komentar